Artajasa menyediakan solusi perangkat terminal EDC dalam bentuk penyewaan terminal beserta infrastrukturnya. Layanan ini dapat ditujukan kepada bank-bank anggota ATM Bersama maupun institusi-institusi pembiayaan / non perbankan lain, untuk dapat digunakan sesuai dengan rencana dan kebutuhan Bank/institusi.
Layanan EDC Managed Service yang diberikan merupakan solusi layanan End to End, meliputi:
Dengan layanan EDC Managed Service yang dimiliki Artajasa, bank/institusi dapat memperoleh keuntungan antara lain :
Fitur-fitur yang Artajasa tawarkan untuk layanan EDC Manage Service antara lain :
1. Apa itu layanan EDC Outsource Artajasa?
Layanan End to End penyediaan Delivery Channel berupa Terminal EDC bagi Bank atau Institusi meliputi penyediaan Terminal, Jaringan kominikasi, Pengelolaan, Pemeliharaan sampai dengan Laporan
2. Latar belakang tersedianya layanan EDC Outsource Artajasa ini?
3. Sejak kapan layanan EDC hadir di Artajasa?
Artajasa pertama kali meluncurkan layanan EDC pada tahun 2008 dengan Adira sebagai pelanggan pertama
4. Siapa saja target pasar dari layanan ini?
Bank - Bank pada kelompok BUKU 1 - 3 baik Bank umum, Bank Syariah, maupun Bank Pembangunan DaerahPerusahaan non perbankan yang membutuhkan Terminal EDC sebagai media untuk melakukan transaksi"
5. Bagaimana skema kerjasama yang ditawarkan oleh Artajasa untuk layanan EDC ini?
Solusi Managed Service end to end
6. Service apa saja yang akan diberikan kepada Pelanggan jika bergabung dengan layanan ini?
7. Apa kelebihan layanan yang Artajasa berikan dibandingkan dengan perusahaan lain yang sejenis yang menawarkan layanan yang sama?
8. Apa saja benefit yang akan diterima oleh pelanggan?
9. Fitur apa saja yang ditawarkan oleh layanan EDC ini?
Mini Banking : cek saldo, tarik tunai, setor tunai, transfer- Debit : Purchase, void, settlement- Payment Artajasa"
10. Berapa lama proses pengadaan, pengembangan sampai dengan layanan ini bisa digunakan oleh nasabah mitra kerjasama?
± 8 (delapan) minggu mulai dari Perjanjian Kerjasama/Surat Perintah Kerja/Surat Penunjukan diterima oleh Artajasa
11. Bagaimana prosedur dan mekanisme jika Pelanggan ingin bergabung ke layanan ini?
12. Apa saja syarat dan ketentuan untuk bergabung ke layanan EDC?
Mitra telah memiliki izin penyediaan layanan EDC dari regulator
13. Bagaimana jika terjadi gangguan pada layanan EDC Artajasa ini?
14. Apakah ada tim helpdesk yang disediakan oleh Artajasa untuk layanan ini?
Ada team helpdesk Artajasa (Contac center) tersedia selama 24/7
15. Saat ini siapa saja mitra yang sudah menggunakan layanan mobile banking Artajasa?
Lintasarta healtcare, Bank Mega Syariah, Bank Bengkulu, Bank kaltim, Bank kalsel, Bank dinar, Bank capital, Bank NTB, Bank BTPN Syariah, Bank ina Perdana, Bank Kalbar, BRI Syariah, Bank DBS, Bank DIY, Bank Syariah Mandiri, Bank NTT, Bank Sulutgo
16. Merk EDC apa saja yang dapat disediakan oleh Artajasa?
Pax, Ingenico
17. Apakah ada minimal jumlah unit yang dipesan dalam layanan ini?
Minimal jumlah unit yang dipesan dalam layanan ini adalah 50 unit,semakin banyak jumlah unit yang dipesan maka tarif layanan yang dibeikan akan semakin baik
18. Apakah ada minimal jangka waktu kerjasama dalam layanan ini?
Minimal jangka waktu kerjasama dalam Layanan EDC adalah 3 tahun,semakin lama jangka waktu kerjasama maka tarif layanan yang dibeikan akan semakin baik"
Untuk menjawab kebutuhan perbankan, Artajasa membantu Bank dalam penyediaan solusi layanan Mobile Banking yang tentunya akan memberikan nilai tambah pada produk dan layanan yang mampu meningkatkan pendapatan, jangkauan target segment, dan menciptakan bisnis yang dinamis
Solusi yang ditawarkan secara end to end (pengembangan, infrastruktur, hingga maintenance/operasional) dengan biaya yang rendah tentu akan memudahkan perbankan untuk memiliki layanan Mobile Banking yang handal dan efisien. Selain itu, Aplikasi Mobile Banking yang Artajasa kembangkan sudah mensupport Android maupun iOS.
Berbagai pilihan fitur yang Artajasa berikan dapat disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan, seperti:
1. Apa itu layanan Mobile Banking Artajasa?
Sistem layanan Perbankan yang disediakan oleh Artajasa kepada Bank anggotanya untuk mempermudah nasabah dalam mengakses rekening dengan menggunakan aplikasi mobile banking berbasis Internet.
2. Sejak kapan layanan mobile banking hadir di Artajasa?
Artajasa pertama kali meluncurkan Mobile Banking pada bulan desember 2015 dengan Bank NTB sebagai pelanggan pertama.
3. Siapa yang tepat menggunakan layanan ini?
Bank - Bank yang ingin melayani nasabahnya dan menjawab kebutuhan nasabahnya
4. Bagaimana skema kerjasama yang ditawarkan oleh Artajasa untuk layanan Mobile Banking ini?
Managed Service
5. Service apa saja yang akan diberikan kepada mitra jika bergabung dengan layanan ini?
6. Apa kelebihan layanan yang Artajasa berikan dibandingkan dengan perusahaan lain yang sejenis yang menawarkan layanan yang sama?
7. Apa saja benefit yang akan diterima oleh mitra?
8. Fitur apa saja yang ditawarkan oleh layanan mobile banking ini?
9. Berapa lama proses pengembangan sampai dengan layanan ini bisa digunakan oleh nasabah mitra kerjasama?
Estimasi waktu ± 3 Bulan mulai dari pengembangan hingga Test Operasional.
10. Bagaimana prosedur dan mekanisme jika mitra ingin bergabung ke layanan ini?
11. Berapa lama proses pengembangan sampai dengan layanan ini bisa digunakan oleh nasabah mitra kerjasama?
Estimasi waktu ± 4 Bulan mulai dari pengembangan hingga release ke Play store/ App Store
12. Apa saja syarat dan ketentuan untuk bergabung ke layanan mobile banking?
Mitra harus menjadi anggota ATM Bersama
13. Bagaimana jika terjadi kegagalan transaksi menggunakan layanan mobile banking artajasa ini?
Mekanisme klaim kegagalan transaksi:
Apabila gangguan tidak dapat diselesaikan maka Helpdesk ARTAJASA melakukan koordinasi dengan provider penyedia jaringan data untuk penanganan lebih lanjut, Apabila:
14. Apakah ada tim helpdesk yang disediakan oleh Artajasa untuk layanan ini?
Ada team helpdesk Artajasa tersedia selama 24/7
15. Saat ini siapa saja mitra yang sudah menggunakan layanan mobile banking Artajasa?
Bank NTBS, Bank Papua dan PDSB
Artajasa dapat membantu Perbankan dalam mempermudah nasabah mengakses rekening dengan menggunakan aplikasi mobile banking berbasis Sort Message Service (SMS) dalam bentuk Plain Text atau berbasis menu (Apps). Tentunya layanan SMS Banking ini dapat menjadi nilai lebih bagi layanan Perbankan sebagai alternative penambahan Delivery Channel. Beberapa layanan SMS Banking yang disediakan meliputi;
Berbagai pilihan fitur yang Artajasa tawarkan dapat disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan, seperti:
1. Apa itu layanan SMS Banking Artajasa?
Layanan Perbankan yang disediakan oleh Artajasa untuk mempermudah nasabah dalam mengakses rekening dengan menggunakan aplikasi mobile banking berbasis Sort Message Service (SMS) dalam bentuk Plain Text atau dapat juga digenerate oleh Apps SMSBanking.
2. Jelaskan latar belakang dari layanan SMS Banking ini?
Memberikan solusi terhadap bank dalam menyediakan delivery channel SMS Banking. Sehingga untuk meningkatkan pelayanan kepada nasabah, diperlukan SMS banking untuk memudahkan nasabah bank melakukan berbagai macam transaksi perbankan melalui mobile device yang dimiliki khususnya untuk nasabah di daerah tertentu.
3. Sejak kapan layanan SMS Banking hadir di Artajasa?
Artajasa pertama kali mengimplementasikan SMS Banking pada tahun 2003.
4. Siapa saja target pasar dari layanan ini?
Bank - Bank yang ingin melayani nasabahnya dan menjawab kebutuhan nasabahnya dengan layanan SMS Banking. Bank - Bank Anggota ATM Bersama
5. Bagaimana skema kerjasama yang ditawarkan oleh Artajasa untuk layanan SMS Banking ini?
Kerja Sama Managed Service yakni Artajasa sebagai Vendor Teknis Layanan SMS Banking.
6. Bagaimana Skema Traif yang di tawarkan oleh Artajasa untuk Layanan SMS Banking?
Terdapat Set Up Fee, Monthly Fee, Transaction Fee dan Biaya pengembangan jika memang terdapat pengembangan layanan sesuai dengan kesepakatan.
7. Service apa saja yang akan diberikan kepada Bank jika bergabung dengan layanan ini?
Ruang lingkup Layanan/ Business Scope
8. Apa kelebihan layanan yang Artajasa berikan dibandingkan dengan perusahaan lain yang sejenis yang menawarkan layanan yang sama?
9. Apa saja benefit yang akan diterima oleh Bank?
10. Fitur apa saja yang ditawarkan oleh layanan SMS Banking ini?
11. Bagaimana prosedur dan mekanisme jika Bank ingin bergabung ke layanan ini?
12. Bagaimana penanganan jika terjadi gangguan sistem pada layanan Sms Banking?
13. Apakah ada tim helpdesk yang disediakan oleh Artajasa untuk layanan ini?
Ada team helpdesk Artajasa tersedia selama 24/7.
14. Saat ini siapa saja Bank yang sudah menggunakan layanan SMS Banking Artajasa?
BRI, Bukopin, Citibank, Kalsel, Aceh, Papua, Sultra, BPR EKA
Artajasa senantiasa membantu Pelanggan untuk memberikan solusi terbaik bagi bisnisnya. Melalui penyediaan solusi layanan End to End Terminal ATM yang diberikan oleh Artajasa bagi Mitra Perbankan maupun Non Perbankan, tentunya dapat membantu Pelanggan dalam meminimasilasi biaya investasi hingga management vendor yang lebih efektif.
Beberapa layanan End to End yang Artajasa berikan meliputi:
1. Apa itu layanan ATM dan/atau CRM Outsource Artajasa?
Layanan End to End penyediaan Delivery Channel berupa Terminal ATM dan/atau CRM bagi Bank atau Institusi meliputi penyediaan Terminal, Jaringan kominikasi, Pengelolaan, Pemeliharaan sampai dengan Laporan
2. Latar belakang tersedianya layanan ATM dan/atau CRM Outsource Artajasa ini?
3. Sejak kapan layanan ATM dan/atau CRM hadir di Artajasa?
Artajasa pertama kali meluncurkan layanan ATM dan/atau CRM pada tahun 2008 dengan Bank BJB sebagai pelanggan pertama
4. Siapa saja target pasar dari layanan ini?
Bank - Bank pada kelompok BUKU 1 - 3 baik Bank umum, Bank Syariah, maupun Bank Pembangunan Daerah
5. Bagaimana skema kerjasama yang ditawarkan oleh Artajasa untuk layanan ATM dan/atau CRM ini?
Solusi layanan Managed Service end to end
6. Service apa saja yang akan diberikan kepada Pelanggan jika bergabung dengan layanan ini?
**) sesuai kebutuhan pelanggan dan memerlukan konfirmasi lebih lanjut"
7. Apa kelebihan layanan yang Artajasa berikan dibandingkan dengan perusahaan lain yang sejenis yang menawarkan layanan yang sama?
8. Apa saja benefit yang akan diterima oleh pelanggan?
9. Fitur apa saja yang ditawarkan oleh layanan ATM dan/atau CRM ini?
10. berapa lama proses pengadaan sampai dengan layanan ini bisa digunakan oleh nasabah mitra kerjasama?
Estimasi waktu selama 16 (Enam belas) minggu mulai dari Perjanjian Kerjasama/Surat Perintah Kerja/Surat Penunjukan diterima oleh Artajasa
11. Bagaimana prosedur dan mekanisme jika Pelanggan ingin bergabung ke layanan ini?
12. Apa saja syarat dan ketentuan untuk bergabung ke layanan ATM dan/atau CRM?
Mitra telah memiliki izin penyediaan layanan ATM dan/atau CRM dari regulator
13. Bagaimana jika terjadi gangguan pada layanan ATM dan/atau CRM artajasa ini?
14. Apakah ada tim helpdesk yang disediakan oleh Artajasa untuk layanan ini?
Ada, team helpdesk Artajasa (Contac center) tersedia selama 24/7
15. Saat ini siapa saja mitra yang sudah menggunakan layanan mobile banking Artajasa?
Bank BJB, Bank Kalsel, Bank Panin Syariah, Bank of India, Bank Sumut, Bank BTPN Syariah, Bank Dinar, Ok Bank, Bank Agris, BPR Eka, Bank Bumi Arta
16. Merk ATM dan/atau CRM apa saja yang dapat disediakan oleh Artajasa?
Wincor, Hyosung, Hitachi
17. Apakah ada minimal jumlah unit yang dipesan dalam layanan ini?
Minimal jumlah unit yang dipesan dalam layanan ini adalah 10 unit,semakin banyak jumlah unit yang dipesan maka tarif layanan yang dibeikan akan semakin baik
18. Apakah ada minimal jangka waktu kerjasama dalam layanan ini?
Minimal jangka waktu kerjasama dalam Layanan ATM dan/atau CRM adalah 3 tahun,semakin lama jangka waktu kerjasama maka tarif layanan yang dibeikan akan semakin baik
Artajasa menyediakan layanan KIOSK secara End to End bagi para Mitra yang ingin menjangkau end customer lebih luas, serta memberikan added value kepada end customer dalam penyediaan berbagai fitur pembayaran atau pembelian yang terpadu dan terpercaya. Layanan KIOSK yang Artajasa berikan meliputi:
Layanan Kiosk Artajasa ini juga dapat memproses transaksi dari berbagai sumber dana seperti Kartu Debit, Kartu Kredit (online) maupun Uang Tunai. Dengan layanan Kiosk Artajasa ini, pelanggan dapat melakukan transaksi digital yang aman dan nyaman.
Artajasa memberikan fleksibilitas kepada pelanggan untuk dapat memilih sendiri Fitur KIOSK Manage Service yang dibutuhkan sesuai dengan fokus bisnis kebutuhan pelanggannya, maupun system Switching Bank. Fitur yang dapat Artajasa berikan diantaranya:
1. Apa itu layanan Kiosk Outsource Artajasa?
Layanan End to End penyediaan Delivery Channel berupa Terminal Kiosk bagi Bank atau Institusi meliputi penyediaan Terminal, Jaringan kominikasi, Pengelolaan, Pemeliharaan sampai dengan Laporan
2. Latar belakang tersedianya layanan Kiosk Outsource Artajasa ini?
3. Sejak kapan layanan Kiosk hadir di Artajasa?
Artajasa pertama kali meluncurkan layanan Kiosk pada tahun 2018 dengan Indosat sebagai pelanggan pertama.
4. Siapa saja target pasar dari layanan ini?
Bank dan Perusahaan non perbankan yang membutuhkan Terminal Kiosk sebagai media untuk melakukan transaksi.
5. Bagaimana skema kerjasama yang ditawarkan oleh Artajasa untuk layanan Kiosk ini?
Solusi Managed Service end to end.
6. Service apa saja yang akan diberikan kepada Pelanggan jika bergabung dengan layanan ini?
7. Apa kelebihan layanan yang Artajasa berikan dibandingkan dengan perusahaan lain yang sejenis yang menawarkan layanan yang sama?
8. Apa saja benefit yang akan diterima oleh pelanggan?
9. Fitur apa saja yang ditawarkan oleh layanan Kiosk ini?
Purchase, Payment, dan fitur khusus sesuai dengan kebutuhan pelanggan
10. Berapa lama proses pengadaan, pengembangan sampai dengan layanan ini bisa digunakan oleh nasabah mitra kerjasama?
Estimasi waktu ± 6 - 12 bulan mulai dari Perjanjian Kerjasama/Surat Perintah Kerja/Surat Penunjukan diterima oleh Artajasa
11. Bagaimana prosedur dan mekanisme jika Pelanggan ingin bergabung ke layanan ini?
12. Apa saja syarat dan ketentuan untuk bergabung ke layanan Kiosk?
Tidak ada
13. Bagaimana jika terjadi gangguan pada layanan Kiosk artajasa ini?
Apabila :
14. Apakah ada tim helpdesk yang disediakan oleh Artajasa untuk layanan ini?
Ada team helpdesk Artajasa (Contac center) tersedia selama 24/7
15. Saat ini siapa saja mitra yang sudah menggunakan layanan mobile banking Artajasa?
Indosat
16. Apakah ada minimal jumlah unit yang dipesan dalam layanan ini?
Minimal jumlah unit yang dipesan dalam layanan ini adalah 10 unit, semakin banyak jumlah unit yang dipesan maka tarif layanan yang dibeikan akan semakin baik.
17. Apakah ada minimal jangka waktu kerjasama dalam layanan ini?
Minimal jangka waktu kerjasama dalam Layanan Kiosk adalah 3 tahun,semakin lama jangka waktu kerjasama maka tarif layanan yang dibeikan akan semakin baik
Dengan 20 tahun pengalaman Artajasa dalam indurstri Switching, Artajasa memiliki solusi yang terintegrasi untuk mendukung core bank pelanggan yang berfokus kepada pengembangan dan pengoperasian system switching untuk Bank. Sehingga, dengan layanan Outsource Swithing yang Artajasa berikan, Bank dapat meningkatkan Service Level yang baik kepada pelanggannya.
Tentunya dengan terhubung layanan Outsource Switching Artajasa, biaya operasional pelanggan menjadi lebih Efisien dan Efektif, serta dapat terhubung ke berbagai delivery channel dan network principal di Indonesia.
Layanan Outsource Switching meliputi;
Berbagai pilihan fitur yang Artajasa tawarkan dapat disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan, seperti:
1. Apa itu layanan OSSW Artajasa?
Salah satu produk layanan Artajasa yang fokus dalam pengembangan dan pengoperasian sistem switching Bank.
2. Jelaskan latar belakang dari layanan OSSW ini?
3. Sejak kapan layanan OSSW hadir di Artajasa?
Artajasa pertama kali meluncurkan OSSW pada bulan Juni 2010 dengan Bank Kalsel sebagai pelanggan pertama.
4. Siapa saja target pasar dari layanan ini?
Bank - Bank yang ingin melayani nasabahnya dan menjawab kebutuhan nasabahnya.
5. Bagaimana skema kerjasama yang ditawarkan oleh Artajasa untuk layanan OSSW ini?
Solusi Managed Service end to end
6. Service apa saja yang akan diberikan kepada mitra jika bergabung dengan layanan ini?
7. Apa kelebihan layanan yang Artajasa berikan dibandingkan dengan perusahaan lain yang sejenis yang menawarkan layanan yang sama?
8. Apa saja benefit yang akan diterima oleh mitra?
9. Fitur apa saja yang ditawarkan oleh layanan OSSW?
10. Berapa lama proses pengembangan sampai dengan layanan ini bisa digunakan oleh nasabah mitra kerjasama?
Estimasi waktu ± 6 Bulan mulai dari pengembangan hingga Test Operasional
11. Bagaimana prosedur dan mekanisme jika mitra ingin bergabung ke layanan ini?
12. Berapa lama proses pengembangan sampai dengan layanan ini bisa digunakan oleh nasabah mitra kerjasama?
Estimasi waktu ± 6 Bulan mulai dari pengembangan hingga Test Operasional.
13. Apa saja syarat dan ketentuan untuk bergabung ke layanan OSSW?
Bank harus menjadi anggota ATM Bersama
14. Bagaimana jika terjadi kegagalan transaksi menggunakan layanan OSSW artajasa ini?
Mekanisme klaim kegagalan transaksi "PENANGANAN GANGGUAN":
Informasi gangguan dapat berasal dari hasil temuan monitoring harian Artajasa, Bank, maupun Third Party melalui telepon/email/fax kepada Contact Person yang telah ditentukan. Prosedur penyelesaian gangguan adalah sebagai berikut:
Berdasarkan hasil identifikasi terhadap gangguan, klasifikasi gangguan antara lain:
15. Apakah ada tim helpdesk yang disediakan oleh Artajasa untuk layanan ini?
Ada team helpdesk Artajasa tersedia selama 24/7
16. Saat ini siapa saja mitra yang sudah menggunakan layanan OSSW Artajasa?
Bank Papua, Kalsel, NTBS, Mantap, Sultra, Ina Perdana, Bumi Arta, PDSB, BYB, BTPBS, Dinar
Layanan Artajasa yang di operasionalkan oleh Bank, yang memungkinkan nasabah untuk memberikan otorisasi dalam melakukan pendebetan dana dari rekening nasabah, untuk keperluan pembayaran tagihan secara periodik dan otomatis.
Ruang Lingkup Layanan
Benefit
Fitur / Biller yang terkoneksi (Pembayaran / Pembelian) :
1. Apa itu layanan Direct Debit Artajasa?
Layanan Artajasa yang di operasionalkan oleh Bank, yang memungkinkan nasabah untuk memberikan otorisasi dalam melakukan pendebetan dana dari rekening nasabah, untuk keperluan pembayaran tagihan secaraperiodik dan otomatis
2. Sejak berapa lama layanan Direct Debit beroperasi?
Artajasa pertama kali mengimplementasikan Direct Debit pada tahun 2003.
3. Siapa saja target pasar dari layanan ini?
Bank - Bank yang ingin melayani nasabahnya dan menjawab kebutuhan nasabahnya dengan layanan Direct Debit. Bank - Bank Anggota ATM Bersama.
4. Bagaimana potensi Industri terhadap Layanan Direct Debit?
Dengan meningkatnya transaksi tagihan dari Berbagai biller Online payment yang ada di Indonesia menjadi kesempatan Bagi Bank untuk memberikan layanan Direct Debit untuk memfasilitasi nasabahnya. Di satu sisi yang lain terdapat peningkatan juga pada pemegang kartu debit dan kartu kredit. Sehingga layanan Direct Debit menjadi salah satu solusi dalam menunjang pembayaran tagihan nasabah.
5. Bagaimana skema kerjasama yang ditawarkan oleh Artajasa untuk layanan Direct Debit ini?
Kerja Sama Managed Service yakni Artajasa sebagai Mitra Teknis Layanan Direct Debit
6. Bagaimana Skema Traif yang di tawarkan oleh Artajasa untuk Layanan Direct Debit?
Terdapat Set Up Fee, Monthly Fee untuk setiap Biller yang terkoneksi, Transaction Fee dan Biaya pengembangan jika memang terdapat pengembangan layanan sesuai dengan kebutuhan Mitra.
7. Service apa saja yang akan diberikan kepada Bank jika bergabung dengan layanan ini?
Ruang lingkup Layanan/ Business Scope:
FITUR:
8. Apa kelebihan layanan yang Artajasa berikan dibandingkan dengan perusahaan lain yang sejenis yang menawarkan layanan yang sama?
Artajasa bukan hanya sebagai penyedia layanan Direct Debit tapi juga sebagai Biller Aggregator. Sehingga solusi payment/purchase Direct Debit bisa one stop solution.
9. Biller Apa saja yang telah terkoneksi dengan Layanan Direct Debit?
BPJS, Indosat, XL, Smartfren, PLN, MNC Vision, MNC Play, Mitra juga dapat terkoneksi dengan biller Bank jika memang di perlukan, tetapi dibutuhkan diskusi lebih lanjut terkait koneksi dan juga konfigurasi yang akan di terapkan.
10. Apa saja benefit yang akan diterima oleh Bank?
11. Apa saja benefit yang akan diterima oleh Nasabah dengan menggunakan Layanan Direct Debit?
Pembayaran tagihan menjadi lebih mudah- Nasabah dapat mengurangi resiko keterlambatan Pembayaran tagihan.
12. Bagaimana prosedur dan mekanisme jika Bank ingin bergabung ke layanan ini?
13. Bagaimana jika penanganan jika terjadi gangguan sistem pada layanan Direct Debit?
14. Apakah ada tim helpdesk yang disediakan oleh Artajasa untuk layanan ini?
Ada team helpdesk Artajasa tersedia selama 24/7
15. Saat ini siapa saja Bank yang sudah menggunakan layanan Direct Debet Artajasa?
BNI, BTPNS, CitiBank, Danamon, DBS, Bank Mega, SCB
Berbagai solusi layanan dalam industri keuangan yang Artajasa berikan secara menyeluruh sesuai dengan trend dan kebutuhan Perbankan saat ini, dapat menjadi pilihan yang tepat bagi Anda mitra Perbankan Artajasa. Penyediaan berbagai macam delivery channel yang Artajasa tawarkan seperti layanan Internet Banking menjadi sangat pas di era digital dan serba praktis ini. Tentunya dengan memiliki layanan Internet Banking, Perbankan dapat mempermudah nasabah Retail atau Corporate untuk mengakses rekening menggunakan aplikasi berbasis Internet web browser.
Layanan yang Artajasa sediakan mulai dari penyediaan Web, Pengembangan, Infrastruktur hingga pengoperasional layanan pun dapat dilakukan. Tentunya dengan begitu, nilai investasi dan biaya operasional menjadi lebih efisien.
Berbagai pilihan fitur yang Artajasa tawarkan dapat disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan, seperti:
1. Apa itu layanan Internet Banking Artajasa?
Layanan penyediaan system Corporate Internet Banking/Cash Management System yang ditujukan kepada Pelanggan sehingga pelanggan dapat menyediakan Layanan Internet Banking bagi nNasabah bank yang bersifat Korporasi yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan transaksi perbankan secara harian.
2. Latar belakang tersedianya layanan Internet Banking Artajasa ini?
3. Sejak kapan layanan Internet Banking hadir di Artajasa?
Artajasa pertama kalimel uncurkan layanan Internet Banking pada tahun 2018 dengan Bank DIY sebagai pelanggan pertama.
4. Siapa saja target pasar dari layanan ini?
Bank - Bank pada kelompok BUKU 1 - 3 baik Bank umum, Bank Syariah, maupun Bank Pembangunan Daerah.
5. Bagaimana skema kerjasama yang ditawarkan oleh Artajasa untuk layanan Internet Banking ini?
Solusi Managed Service end ti end
6. Service apa saja yang akan diberikan kepada Pelanggan jika bergabung dengan layanan ini?
7. Apa kelebihan layanan yang Artajasa berikan dibandingkan dengan perusahaan lain yang sejenis yang menawarkan layanan yang sama?
8. Apa saja benefit yang akan diterima oleh pelanggan?
9. Fitur apa saja yang ditawarkan oleh layanan Internet Banking ini?
Fitur yang disediakan dalam layanan ini akan disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan antara lain payment, purchace, transfer, cek saldo, dll
10.berapa lama proses pengadaan, pengembangan sampai dengan layanan ini bisa digunakan oleh nasabah mitra kerjasama?
Estimasi waktu kurang lebih 6- 12 bulan mulai dari Perjanjian Kerjasama/Surat Perintah Kerja/Surat Penunjukan diterima oleh Artajasa
11. Bagaimana prosedur dan mekanisme jika Pelanggan ingin bergabung ke layanan ini?
12. Apa saja syarat dan ketentuan untuk bergabung ke layanan Internet Banking?
Mitra telah memiliki izin penyediaan layanan Internet Banking dari regulator
13. Bagaimana jika terjadi gangguan pada layanan Internet Banking Artajasa ini?
Apabila :
14. Apakah ada tim helpdesk yang disediakan oleh Artajasa untuk layanan ini?
Ada team helpdesk Artajasa (Contac center) tersedia selama 24/7
15. Saat ini siapa saja mitra yang sudah menggunakan layanan mobile banking Artajasa?
Bank DIY, Bank Kalsel
Penyediaan layanan sistem CMS diadakan untuk memenuhi kebutuhan Bank dalam mengembangkan CMS yang berfungsi untuk verifikasi transaksi terkait ke data kartu nasabah, fungsi pengelola data kartu nasabah dan fungsi-fungsi lainnya terkait dengan layanan yang berhubungan dengan data kartu nasabah. Melalui layanan sistem CMS tersebut
diharapkan dapat meningkatkan kelancaran operasional pengelolaan data kartu nasabah, mendukung program-program berbasis kartu yang didukung dengan proses monitoring secara realtime dan akurat, sehingga meningkatkan kapasitas dan performansi layanan.
Ruang Lingkup Layanan
1. User Administration
2. Pembuatan role sesuai dengan kebutuhan
3. Pembuatan atau pengklasifikasian produk
Bersama Pay merupakan sebuah layanan Payment Interface dimana layanan ini akan menghubungkan Mitra/Merchant dengan berbagai channel pembayaran untuk memenuhi lebih luas kebutuhan pelanggan. Ada pun channel pembayaran yaitu Kartu Kredit dan Kartu Debit Visa, Mastercard, dan JCB, Virtual account Mandiri dan BNI, dan Virtual Account ATM Bersama.
Dengan layanan Payment Interface ini, Mitra Artajasa dapat menikmati berbagai benefit yang ditawarkan seperti:
Purchase
Void
1. Apa itu layanan Bersama Pay?
Layanan Payment Interface menyediakan jasa penambahan payment channel antara lain Transfer ATM Bersama, Pembayaran Kartu Kredit/Debit (Visa, MasterCard, JCB) dan Virtual Account (VA Mandiri, VA BNI) pada sistem Merchant.
2. Latar belakang Bersama Pay?
Untuk memenuhi kebutuhan Mitra dalam menyediakan aplikasi yang dapat digunakan langsung oleh pelanggan untuk melakukan pembayaran dengan menggunakan sistem pembayaran kartu kredit maupun dengan channel lainnya.
3. Siapa yang tepat menggunakan Bersama Pay?
Merchant dari berbagai sektor yang membutuhkan payment channel.
4. Fitur Apa saja yang ditawarkan bersama Pay?
Debit/Credit Card via Visa/Mastercard/JCB, Ovo, Gopay, Virtual Account Bank (Mandiri, BNI, BRI, BCA)
5. Saat ini mitra siapa saja yang sudah bergabung dengan Bersama Pay?
MyIM3 Indosat
6. Apa keuntungan bergabung dengan bersama Pay?
7. Ada berapa model kerjasama yang bisa ditawarkan oleh Bersama Pay?
Model kerjasamanya ada 2, yaitu:
8. Bagaimana model bisnisnya?
9. Bagaimana prosedur bergabung dengan Bersama Pay?
Mitra dapat menghubungi business representatif Artajasa pada email bersama.id@artajasa.co.id
10. Jika bergabung dengan Bersama Pay apakah harus terkoneksi ke seluruh Payment Channel?
Tidak, Mitra dapat memilih payment channel mana saja yang diinginkan
11. Bagaiman alur pengaduan jika ada gangguan?
Mitra dapat menghubungi Helpdesk Artajasa di helpdesk@artajasa.co.id
Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) saat ini menjadi sistem yang harus diapatuhi oleh semua perbankan dan penyedia jasa sistem pembayaran. Berbagai transaksi melalui bermacam instrumen pembayaran yang dilakukan di Indonesia diwajibkan untuk menggunakan sistem GPN, baik transaksi melalui kartu Debit (Debit GPN), transaksi berbasis QR (QRIS), maupun transaksi e-commerce. Dengan begitu, Perbankan pun diminta untuk mengajak seluruh nasabahnya untuk dapat menggunakan kartu debit berlogo nasional. Tentunya, dengan adanya GPN ini, delivery channel yang beredar pun harus ikut menyesuaikan aturan Bank Indonesia sesuai dengan GPN.
Oleh karena itu, Artajasa menjawab kebutuhan Perbankan maupun Merchant melalui penyediaan solusi pembayaran menggunakan lisensi acquiring debit Artajasa dengan berbagai channel seperti Bersama Debit, Bersama QR, Transfer For Payment, Bersama Secure (B-Secure), Bersama Pay, dan juga Mynt E-Money yang terkoneksi ke switching Artajasa. Layanan ini juga meliputi pengelolaan merchant mulai dari akuisisi sampai penyelesaian pembayaran. Sehingga nasabah dengan kartu berlogo GPN bisa bertransaksi di channel merchant dengan aman dan nyaman.
Berbagai inovasi penyediaan layanan di industry pembayaran dan keuangan terus Artajasa lakukan. Salah satunya dengan penyediaan layanan System Integrator ARTAJASA yaitu penyediaan Premium SMS untuk layanan menggunakan SMS dalam bentuk SMS Push dan SMS Pull yang dapat digunakan untuk kegiatan transaksi dan notifikasi transaksi finansial, pengiriman One Time Password (OTP), notifikasi program marketing, dan berbagai pemanfaatan lainnya.
Layanan System Integrator ARTAJASA saat ini telah terhubung dengan operator telekomunikasi seperti Telkomsel, XL, Smartfren, dan Three, dengan begitu Mitra tidak perlu untuk melakukan koneksi satu persatu kepada para provider telco, serta sebagai nilai lebih Artajasa juga menyediakan Helpdesk Support 24/7 untuk membantu Mitra.
SMS Push merupakan layanan di mana Mitra Artajasa dapat mengirimkan SMS kepada Pelanggan sesuai dengan Provider yang tersedia. SMS dapat dikirimkan oleh Mitra Artajasa dengan label nama pengirim berupa Masking milik Mitra Artajasa. Biaya transaksi per SMS pada layanan ini sepenuhnya dibebankan kepada Mitra Artajasa.
SMS Pull & SMS Push Alert merupakan layanan SMS yang diinisiasi oleh Nasabah / Pelanggan melalui pengiriman SMS kepada short code Sistem Integrator Artajasa / Pelanggan. Mitra Artajasa akan dibebankan Biaya Transaksi per SMS yang relative lebih murah daripada SMS Push Broadcast, namun Nasabah / Pelanggan yang melakukan inisiasi dapat dikenakan pemotongan pulsa sesuai kebijakan Provider yang dimiliki.
USSD Push merupakan layanan USSD yang diinisiasi oleh Mitra Artajasa menggunakan media USSD (Popup Display). Biaya transaksi per USSD dibebankan ke Mitra Artajasa. Layanan ini dapat digunakan untuk pengirim OTP, Notifikasi Transaksi dan Iklan.
1. Apa itu layanan Sistem Intergrator?
Layanan "Single Integration" yang mengintegrasikan koneksi ke seluruh provider/operator telekomunikasi sehingga institusi tersebut dapat melakukan transaksi dan interaksi lainnya kepada para nasabah/pelanggan dengan menggunakan metode layanan USSD Push dan Premium SMS dalam bentuk SMS Push dan SMS Pull.
2. Faktor untuk menggunakan layanan Sistem Intergrator?
3. Siapa yang tepat menggunakan layanan SIstem Intergrator?
Insitusi finansial maupun non finansial yang membutuhkan interaksi langsung dengan pelanggan melalui layanan USSD/SMS Blast.
4. Fitur Apa saja yang ditawarkan SIstem Intergrator?
5. Saat ini siapa customer saja yang sudah bergabung dengan SIstem Intergrator?
Saat ini Sistem Integrator dalam proses integrasi dengan B-Secure dan Perbankan.
6. Apa keuntungan bergabung dengan SIstem Intergrator?
Integrasi satu koneksi ke arah seluruh provider/operator telekomunikasi memberikan kemudahan bagi bank untuk pengelolaan bisnis (kerjasama), teknis (single format) dan operasional (pelaporan dan pengelolaan keluhan).
7. Bagaimana model bisnisnya?
Transaction Fee per SMS/USSD.
8. Bagaiman skema tarif SIstem Intergrator?
Skema tiering berdasarkan transaksi yang dicapai sesuai kesepakatan bersama.
9. Apa yang dimaksud dengan Masking?
Masking merupakan layanan dimana Identitas Pengirim SMS yang muncul di layar Ponsel. Penerima SMS dapat diubah sesuai dengan nama masking yang didaftarkan.
10. Apa yang dimaksud dengan Short Code?
Short Code merupakan 3-5 digit angka yang dapat digunakan sebagai nomor pengiriman dan penerimaan SMS.
11. Apa yang dimaksud dengan SMS Push?
SMS Push merupakan layanan dimana institusi dapat mengirimkan SMS kepada nasabah/pelanggan sesuai dengan provider yang tersedia. SMS dapat dikirimkan menggunakan Subjek berupa short code, ataupun Masking.
12. Apa yang dimaksud dengan SMS Pull?
SMS Pull merupakan layanan SMS yang di inisiasi oleh nasabah/pelanggan institusi melalui pengiriman SMS kepada short code System Integrator ARTAJASA atau institusi.Pengiriman SMS yang dilakukan oleh nasabah/pelanggan (SMS Pull) akan dikenakan biaya berupa pemotongan pulsa sesuai dengan kebijakan operator.
13. Apa perbedaan SMS Push Broadcast dan Push Alert?
Pada SMS Push Broadcast (MT0), biaya per Transaksi ditanggung sepenuhnya oleh Mitra sehingga relatif lebih mahal dibandingkan dengan MT1.Sedangkan pada SMS Push Alert (MT1), biaya per Transaksi ditanggung oleh Mitra, namun juga terdapat pemotongan pulsa oleh Provider terhadap Nasabah sehingga biaya per transaksi relatif lebih murah dibandingkan dengan MT1.Pada Operator Telkomsel terdapat potensi Revenue Sharing atas potongan pulsa yang dibebankan pada MT nasabah.
14. Apakah ada tim helpdesk yang disediakan oleh Artajasa untuk layanan ini?
Ada team helpdesk Artajasa tersedia selama 24/7